Dinding Partisi Gypsum Tahan Gempa

Jayaboard Seismic Ceiling System

Material Bangunan non struktural sebenarnya tidak boleh diabaikan. Karena, pada saat gempa bumi terjadi, material bangunan inilah yang lebih dulu ambrol atau terjatuh dan bisa menimpa penghuni rumah. Salah satunya memakai Dinding Partisi Gypsum. Karena materialnya yang ringan berbanding lurus dengan keamanan / Lebih Tahan di saat terjadi gempa bumi.

Plafon Ambruk

Pada saat gempa bumi terjadi, justru material bangunan nonstruktural seperti plafon. Dinding penyekat akan ambruk berjatuhan terlebih dahulu dibandingkan material struktur seperti kolom dan balok. Faktor material bangunan ini, menjadi salah satu penyebab bertambahnya korban jiwa saat gempa terjadi.

Jayaboard Indonesia atau USG Boral mencoba menawarkan solusi Material Bangunan Tahan Gempa dengan produk bernama Jayaboard Seismic Ceiling System yang tahan terhadap goncangan gempa.

Partisi dinding Jayaboard

Dengan penyekat dinding atau partisi dari bahan gipsum board, katanya, dengan material yang ringan bisa meminimalkan risiko dari bahaya tertimpa material bangunan saat gempa berlangsung. Bahkan dalam pengujian, saat terjadi guncangan justru penyekat dari gipsum ini bertahan lebih lama ketimbang konstruksi dari batu bata.

Apabila diterapkan dalam bangunan atau gedung dan kemudian terjadi gempa. Risiko memakai konstruksi batu bata lebih rawan kecelakaan dibandingkan dengan memakai Partisi dengan bahan Gypsum. Sebagai ilustrasi perbedaan berat dari batu bata dan Gypsum board, berat konstruksi batu bata 250 kilogram per meter persegi. Sementara, material gipsum beratnya maksimal 15 kilogram per meter persegi.

Jayaboard Sheetrock dan Indobard

Selain dinding partisi, produk teranyar Jayaboard lainnya adalah plafon, Ada dua produk Jayaboard dengan Spesifikasi Standart yang di keluarkan oleh Jayaboard atau USG-Boral yaitu Jayaboard Sheetrock dan Indoboard.

Keduanya telah diuji dengan standar internasional ASTM – 580, yakni suatu standar Internasional yang menguji sistem aplikasi dengan gipsum. Plafon dan partisi ini dibuat dengan sistem yang mengikuti arah gerakan serta guncangan gempa. Selain fleksibel, plafon dan partisi juga ringan sehingga tidak akan mencelakai penghuni rumah atau orang di dalam bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami Dengan WhatsApp
%d blogger menyukai ini: